Powered by Blogger.

Jualan Maksimal di Bukalapak Tokopedia dan Shopee

by - 12:34 AM


Asslammualaikum.                             
Mau share hampir setahun jualan online nih. Awal jualan sih gara-gara keuangan ada kejutan-kejutan yang ngebuat keuangan keluarga jeglek. Pertama jualan nyoba di facebook sama instagram lumayan sih tapi begitu nyicip Bukalapak, Ane langsung kepincut.

Apa yang bikin kepincut ?

Gampang, aman, ga ribet ! plus jaring  konsumen.
Mungkin itu yang paling penting buat konsumen kalo beli lewat online. Kata dosen kewirausahaan Ane kepercayaan adalah hal yang paling penting saat berwirausaha. Kepercayaan gampang kebentuk lewat statistik toko di marketplace. Trus, udah pasti transaksi aman lewat marketplace.

Ga ribet !
Ini penting banget buat penjual. Kebayang kan udah malem ga bisa tidur tiba-tiba ada konsumen yang nanyain produk mulu tapi ga jadi beli. Abis itu masih bermanis manis bales chat konsumen, masih nyari testimoni lagi. Lewat marketplace semua udah ada sistemnya, dari produk kejual, lama pengiriman, testimoni, dan sebagainya.

Jaring konsumen,
Penting banget buat ngehemat waktu. Rata-rata konsumen mainan sosmed buat liat-liat lingkungan aja. Ga nyari barang. Tapi kalo dia ke marketplace, dia pasti lagi nyari barang ato minimal bentar lagi gajian.

Modal ?
Modal awal ane cuma pengen nyari duit, gausah mikir macem-macem Tuhan udah jamin! Hehe. Awal ane jualan Cuma modal banyakin iklan tapi ga punya barang wkwk. Di otak Ane cuma mikir, makin banyak variasi produk kemungkinan dapet konsumen makin gede.
Kalo ga salah sekitar 3 hari Ane buka toko langsung dapet notif dari bukalapak. Ane ga punya duit+ga punya barang juga. Tapi yang ane iklanin barang di toko deket rumah sih. Ane minjem 75 rebu ke bokap. Langsung beli tu barang trus kirim deh.

Nunggu barang sampe, gajian trus bayar hutang. Ude gitu mulu sampe labanya ngumpul. Orderan makin naik malah sering tutup toko gara-gara keabisan modal pas awal jualan haha. Diawal Ane nyetok dikit barang ama sebagian dropship sih. Buat dongkrak reputasi toko dulu yg penting.  Sempet nyari-nyari supplier lain juga. Oiya sempet tutup toko 3 bulan juga gara-gara supplier Ane ngirimnya kadang lama, trus buka di Tokopedia.

Awal di tokopedia, langsung ngacir trus pas ada promo gold merchant juga. Metodenya masih sama sih. Banyakin produk, foto bagus, deskripsi sesuai n jelas. Foto penting banget soalnya itu yang pertama diliat. Kalo fotonya jelek mending gausah jelek-jelekin tampilan Toko kita aje Haha. 

Gold Merchant Tokopedia,
Lumayan pengaruh tuh pake akun Gold Merchant, Trus fiturnya tuh lengkap banget, ga nyesel deh. ditambah di pilihan pencarian produk bisa dibedain ama penjual lain. Beda ama premium akunnya Bukalapak, di Bukalapak pilihannya ada Top Seller sama Premium Seller. Kalo Ane jadi pembeli mah milih Top Seller.



Top Ads & Promo per jam Tokopedia,
Iklan Tokopedia mah untung banget. Top Ads minimal kita ngasih tarif Rp 50 per klik. Trus produk Kita bisa sering muncul di halaman depan, plus sering-sering deh promo per jam. Musti kepikiran kalo konsumen Cuma liat-liat doang kan rugi. Kagaakk, di Tokopedia makin banyak produk diliat ada statistiknya trus makin sering muncul di halaman pencarian awal.

Nyoba Shopee,                            
Nyoba shopee gara-gara kakak Ane tinggal di Sumbawa cerita, kalo aku mending shopee soalnya dapet potongan ongkir lumayan buat yang tinggal di luar Jawa. Ane langsung pengen buat gara-gara konsumen Ane kebanyakan Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, ama sering banget ke luar Jawa paling jauh ke Timika, berat di ongkir euy.

Mulai buka Toko di shopee,
Sama kaya strategi awal sih. Responnya bagus, langsung pada borong banyak gara-gara awal upload produknya spesifik. Hastag penting buat yang jualan di shopee. Trus promo per 4 jam, ikut event yang disediain ama Shopee sama promo diskon pastinya.
Semua jalan sekarang. Punya asisten imacros buat upload produk sekarang. Penting banget aplikasi yang satu ini buat upload barang.

Point inti Bukalapak, Tokopedia, Ama Shopee,


- Nama produk penting banget di Bukalapak, jangan nama yang panjang Alay. Dan nama produk konsisten. Misal ‘Jam  Tangan Original Skmei DG284 Water Resistant 50m’. kata ‘Jam Tangan Original<…>’ penting. Pengaruh ama produk lain yang muncul di deskripsi produk kita. Biar produk kita yang muncul, syaratnya Kita minimal punya 20 produk sejenis dengan nama yang hampir sama Kaya contoh dibawah. 


- Gunain Promote Push. Penting biar produk kita muncul di halaman awal. Sistemnya sama kaya di Tokopedia juga. Makin produk banyak diliat, kemungkinan produk muncul di halaman pertama makin besar. Tapi promote push Bukalapak lebih mahal dibanding ama Tokopedia.

- Push ! penting banget biar produk kita ga tenggelam. Kalo Ane biasanya produk yang dapet review bintang sering ane push biar muncul di halaman awal toko Ane.

- Diskon, ini paling favorit. Untungnya kurang dikit gapapalah ya asal penjualan naik. Pengaruh ke statistik toko kita juga.

- Langganan Premium Seller nikmati statistik dan fitur nya.

- Ane lebih seneng upload atu-atu pake imacros, Lebih efektif soalnya. Misal kita upload banyak, seabrek barang muncul di satu halaman. Beda sama yang upload atu-atu, di halaman pertama muncul, kedua muncul, ketiga muncul lagi.

- Sering gabung ama komunitas bukalapak. Bayak banget info disana.


- Nama Produk jelas, Maksimal 70 karakter. Produk lain yang muncul di deskripsi barang masih punya toko kita sih, jadi ga ngiklanin produk orang lain juga hehe.

- Top Ads & Promo per jam, biar produk kita makin banyak diliat.

- Gold Merchant, buat kelola statistik toko, konsumen kita, tren pasar n banyak fitur yg useful. Bedain sama toko lain pula.

- Kategori tepat & Etalase, Penting banget karena konsumen jadi ga bingung plus masuk di hot list Tokopedia.


- Nama produk jelas, mungkin kaya di bukalapak produk lain yang muncul di deskripsi punya toko lain. Tapi belum eksplor banyak baru 3 minggu buka toko hehe.

- Hastag, Pengaruh banget soalnya muncul di halaman awal Shopee pula. Memedahkan konsumen juga.

- Maksimalin event yang dibuka sama Shopee biar produk kita sering muncul.

- Ada diskon juga di shopee, gatau kenapa sama diskon pengaruhnya gede banget hehe.

Garis besarnya hampir sama,
- Nama Jelas dan sesuai (ga bisa di ganti lagi)
- Deskripsi sesuai & jelas, jangan terlalu lebay jugak hehe.
- Input sesuai kategori
- Manfaatkan fitur harga grosir buat menarik pelanggan.
- kirim cepet ! pengaruh banget sama reputasi kita.
- Cepet bales chat, penting banget nih buat konsumen.
- Jaga reputasi Toko ama reputasi barang, keuntungan reputasi barang ntar Agan bisa naikin harga dikit-dikit laaah hehehe.
- Pantau stok produk, biar reputasinya bagus.
- Iklanin Toko agan lewat Sosmed.
- Manfaatin fitur iklan n diskon di marketplacenyah J
- Oiya, Ane kurang setuju sama perang harga tuh. Banyak dari pedagang lain banting harga Cuma untung serebu dua rebu tapi reputasinya masih segitu aja. Barang yang sama, Ane untung 10rb ke atas konsumen malah belinya ke Ane. Barang yang ane dapet laba 50an laris eh ternyata ada yang jual pake laba 100an dan laku juga. Disini ane jatuh cinta ama Tuhan hehe.

Lanjut dipembahasan selanjutnya yaah. sampe disini dulu semoga sukses !

kunjungi juga toko Kami yaak 

 Bukalapak

 Tokopedia
 Shopee

You May Also Like

7 comments

  1. Thanks for info https://bit.ly/2RRbiWI

    ReplyDelete
  2. Penat Bekerja? Kunjungi website saya di dolanku.com/traveling

    ReplyDelete
  3. Rejeki sudah dijamin TUHAN...saya suka😊😊

    ReplyDelete
  4. BISNIS BARENG YUK? Modal HP berkuota dan semangat yang membara bisa dapet 350k-3,5jt PERHARI. hah? mana bisa?
    bisa dong kak...

    https://sites.google.com/view/earnmoneyyuk-dns/home

    ReplyDelete
  5. Terima kasih atas infonya, membantu saya dalam memulai. Ini aplikasi yang saya pakai dalam mencari produk. http://bit.ly/33b8h8Y

    ReplyDelete